RSS Feed

tips dan trik menghindar dari bergunjing

Posted on

apa yang kutuliskan sebenarnya adalah pengalaman pribadi yang sudah bertahun-tahun lalu kukerjakan. dan apa yang kukerjakan ini sebenarnya menjadi candu bagiku. ya! kecanduan!

ketika kita berkumpul dengan orang-orang tanpa tujuan, kita memiliki kencenderungan untuk bergunjing, ghibah, membicarakan kekurangan dan keburukan-keburukan orang lain.

mulut kita, bibir kita adalah aset yang sangat kuat untuk melakukannya. seolah tak kenal lelah. memasuki Ramadhan, bolehkan aku berbagi tips, bukan sebab merasa paling baik dan sudah tak pernah lagi ghibah, pasti ada celah-celah yang setan masuki. tapi lebih kepada alasan mengingatkan diri dan berbagi, mengajak bersama-sama untuk kemudian saling mengingatkan jika seuatu ketika, lemah.

memasuki Ramadhan, harapannya tips dan trik ini bisa diaplikasikan lebih optimal. bukan maksimal. tapi optimal memberikan dampak sebaik-baiknya dan dikerjakan dengan baik dan benar.

apa siy tips dan triknya?

cuma satu: TADARUS

Image

sumber gambar: internet

 

cuma itu yang kulakukan selama ini, lepas subuh, tadarus adalah satu hal yang kukerjakan. berhalaman-halaman kubaca sampai mulutku terasa kering, pecah dan kelelahan. jika sedang tidak pergi kemana-mana sepanjang waktu dhuha, lepas sholat dhuha pun kulanjutkan dengan tadarus, membaca berhalaman-halaman Al Quran. sampai mulutku terasa kelelahan, kering dan pecah.

sebab setelah itu, ketika bertemu orang-orang, berkumpul bersama mereka, karena mulutku yang sudah kelelahan itu, aku jadi malas berbicara yang tidak perlu.

mendengarkan yang tidak perlu pun, malas, tadarus atau membaca Al Quran sampai kelelahan, secara langsung juga membuat telingaku mendengarkan banyak suaraku sendiri saat tadarus. itu juga cukup. sehingga ketika berkumpul dengan orang lain, aku lebih cenderung membicarakan yang baik dan perlu saja, selebihnya, aku banyak diam dan mengarahkan topik pembicaraan dalam diskusi-diskusi yang lebih bermanfaat.

kebetulan disambut Ramadhan, pakai saja tips trik ini. disamping kita terhindar dari perbuatan sia-sia dengan ghibah, target untuk khataman lebih banyak insyallah tercapai.

setuju kaan….??!🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

———-eon

kabkdr.shelter7.063208072013

 

About dkaekas

Hamba nan faqir yang mengharap sebaik-baik takdir; keridhoan Robbul'alamin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: