RSS Feed

[cerita] bukan hanya dongeng yang bisa mengantar tidur

Posted on
beach, blooms, blossoms, flowers, pink wallpapers 9taken from wallpapersus.com)

beach, blooms, blossoms, flowers, pink wallpapers
(taken from wallpapersus.com)

 

hari kelima di bulan terakhir tahun 2012, aku dan Karin sudah menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. iya, kami berdua. sama-sama demam, sama-sama batuk, sama-sama sakit kepala, merasa kelelahan yang teramat sangat, sama. hehe..

beberapa haripun kami berdua melewatkan aktivitas berbincang, mendongeng dan membaca buku bersama sebelum tidur. yaaa…memang kondisi sangat tidak mendukung. namun malam hari kelima, sepertinya memang batukku sudah bisa diajak kompromi, maka malam ini, aku memulai lagi kesenangan berbagi, berbincang dengan Karin di waktu menjelang tidurnya. bukan bercerita atau mengarang dongeng, bahkan dongeng pendekpun sebenarnya aku belum mood benar, nafasku tak terlalu cukup panjang malam ini untuk beraksi hihiihihi

jadi kupilihlah bernyanyi untuk mengantarkan Karin tidur. lha? katanya batuk? iya sih, suaranyapun pas-pasan, serak masih, tapi daripada tidak mendongeng atau berbagi cerita dengan Karin, aku memilih bernyanyi lagu-lagu pendek. lagu-lagu pendek yang dahulu sekali sering didendangkan ayah dan ibuku ketika aku hendak berangkat tidur juga.

kami menyebutnya sebagai tembang-tembang dolanan. begitu terasa membekas suara ayah dan ibu di benakku, maka malam ini, biar Karin turut juga merasakan sensasi nyaman dan membuai seperti yang dahulu pernah kudapati. sambil, menyuruhnya memejamkan mata, kutepuk-tepuk punggungnya lembut, akupun melantunkan tembang masa kecilku, begini syairnya;

aku duwe pitik, pitik tukung

sak bendino, tak pakani jagung

petok, gok-gok-petok-petok

ngendok pitu, tak nggremake netes telu

kabeh trondol, ora duwe wulu

megal-megol gawe guyu

yang  artinya;

aku punya ayam, ayam yang jarang bulunya

tiap hari, kuberi makan jagung

petok, gok-gok-petok-petok

bertelur tujuh, kueramkan menetaslah tiga

semuanya trondol tak berbulu

megal-megol, membuat tersenyum

begitulah tembang itu berbunyi, iramanya yang lembut dengan cengkokan jawa yang khas membuat tembang ini tentunya juga lembut memasuki hati. yah, aku sedang tak bisa mengingat lagu-lagu lain selain lagu itu. maka kudendangkan saja berulang-ulang sambil terus menepuk-nepuk lembut punggung Karin yang kupikir sudah jauh terlelap.

tapi ternyata tiba-tiba dia membalikkan badan saat syair lagunya selesai dan aku hendak mengulangi lagi lagunya dari awal. sambil matanya terpejam, aku lihat bibirnya tersenyum lalu kudengar dia berbicara setengah berbisik

“bunda, lagunya bikin ngantuk.”

“iya, bunda tahu, enak ya?” jawabku sambil berbisik pula. dia mengangguk sambil kulihat matanya yang tetap terpejam dan bibirnya yang terus menyunggingkan senyuman. aku jadi ikut tersenyum

“itu dulu lagu yang suka dinyanyikan koko dan titi ketika bunda masih kecil,” tambahku lagi.

dia tersenyum terus, lalu membalik badannya lagi memunggungi aku.

“nyanyikan lagi, nda,” begitu katanya menutup percakapan.

aku tersenyum, aku terharu, aku teringat ayah dan ibu, aku teringat masa kecilku di kasur yang itu, di ranjang yang itu, di kamar yang itu, semua memoriku terputar, lalu aku bernyanyi lagi. begitu berulang-ulang sampai Karin jauh terlelap dan akupun merasakan begitu tenang.🙂

apa yang diungkapkan Karin bagiku berarti, dia sedang merasakan, betapa lagu itu membuatnya nyaman, di hati dan di benaknya, “mengantuk” itu adalah pilihan katanya.

dari peristiwa inipun aku memetik sebuah point. bahwa apa yang berkesan bagi kita di saat kecil, di saat dewasa, tidak akan jauh berbeda, hal itu juga akan memberikan kesan bagi anak-anak. jadi, jika bingung bercerita, mendongeng untuk mengantar tidur si kecil, mendendangkan lagu, tembang-tembang masa kecil ternyata adalah sebuah alternatif, ya, kawan. ^_^

——————eon

kdr2146311212

About dkaekas

Hamba nan faqir yang mengharap sebaik-baik takdir; keridhoan Robbul'alamin

Leave a Reply

