RSS Feed

[cerita] aku, anak-anak dan Indonesia Bercerita

Posted on

repost from multiply Apr 30, ’11 9:39 PM

 

Ada sesuatu yang ringan, mengejutkan, sekaligus , menggembirakan. Ketika aku sedang duduk menunggu sesuatu, serius mengerjakan sesuatu di ruang tunggu, tiba-tiba ada makhluk-makhluk mungil yang kusebut kanak-kanak, melewatiku sambil menepuk lututku atau sekedar memanggil namaku. “Bunda Kariiiiiiiinn…….”

“Haiiiiii…….Rizka apa kabar? Cantik sekali hari ini.” Jawabku selalu antusias memberikan respon yang sama menyenangkannya dengan perasaan yang mereka timbulkan padaku.

Atau kadang ada yang begitu melewatiku, menoleh padaku, sambil tersenyum lalu berkata “Hai!!”

Wajah-wajah yang lucu dan menggemaskan.

“Hai Valen! Aduh rambutnya keren sekali hari ini. Siapa yang bantu nyisir?”

Biasanya kanak-kanak ini tak akan menjawab pertanyaanku. Namun hanya tersenyum malu-malu kemudian berlalu begitu saja dari hadapanku. Esok harinya, mereka tak akan pernah lupa untuk meberiku salam kembali. Bukankah itu surga dunia?

Aku menulis ini sambil tersenyum-senyum mengingat mereka, manis wajah dan lucu senyum yang kadang-kadang terlihat gigi-gigi ompong mereka. Duh Gusti.. mataharilah yang terbit dari wajah-wajah mungil mereka.

Lucu lagi ketika aku berkunjung ke perpustakaan daerah dengan mengajak si kecil Karin. Banyak pengunjung waktu itu, termasuk anak-anak sekolah yang masih berseragam lengkap. Prediksiku, mereka langsung mampir ke perpustakaan segera setelah jam sekolah usai. Persis sama seperti yang kulakukan saat itu. Mengajak Karin langsung ke perpusatakaan, segera setelah keluar dari halaman sekolah. Tiba-tiba seorang anak laki-laki, sambil tetap duduk dikursinya menoleh padaku dengan senyum khas kanak-kanak yang menawan berkata.

“Bu, adiknya cantik sekali.”

“Oh ya? Terima kasih ya” jawabku sambil tersenyum.

“Kamu baru pulang sekolah ya? Suka baca buku?” lanjutku.

“Oh iya bu, saya suka sekali baca buku” jawabnya flamboyant sambil tetap tersenyum

Ya Tuhan, anak itu menggemaskan sekali dan sangat pemberani. Masih juga di tempatku berdiri tak jauh darinya, aku bertanya lagi.

“Kamu kelas berapa? Dekat sini sekolahnya?”

“Saya kelas empat bu, SD penganjuran 2” jawabnya masih dengan sikap flamboyan. Sumpah geli sekali aku melihat gayanya itu. Anak yang cakap dan sudah begitu rupa membuatku merasakan bahagia, sekali lagi bisa berbincang dengannya, anak-anak.

“Ibu pulang dulu ya, kamu baca bukumu lagi, jadi anak yang pandai ya?!”

“Siap bu! Itu sudah tentu!” jawabnya lagi dengan percaya diri dan masih juga flamboyan. Hahahaha….

Sekali-sekali berdiri sama tinggi dengan kanak-kanak, mengajak mereka berbincang sesuatu yang tidak penting sambil menatap mata mereka, seperti mendapatkan kekuatan dipompakan kembali padaku. Benar-benar surga dunia.

Kemudian beberapa hari lalu, bersamaan denganku menerima buku kumcer anak yang kutulis dari Indonesia Bercerita. Ada seorang bunda yang mengirimkan foto pula, foto seorang putrinya yang bernama Nadia bersama salah satu buku kumcer anak itu. Nadia selucu Karin. Maka aku sapa bundanya, sedikit berbincang dan pada akhirnya. Taraaaaaaaa…….

“Kak @dkaekas ini yg cerita babecu ya? Salah satu favorit Nadia tuu🙂 thx yaa🙂.sekarang sejak ada buku @IDcerita,dia baca bukunya sambil dengerin”

Walah, rasanya hatiku. Bersyukur banget. Cerita-cerita itu, yang kutulis dan kudongengkan melalui Indonesia Bercerita, memang untuk anak-anak yang tidak bisa kusapa dan kupandangi matanya secara langsung setiap kali aku bercerita.

Semoga anak-anak, selalu menemukan kebahagian dari kita, orang-orang tua yang sudah terlalu banyak memiliki kesibukan. salam.

klik di sini untuk berkunjung ke situs Indonesia Bercerita

silahkan download gratis podcast mp3 [berikut 2 podcast yang pernah saya buat]

Babecu-Badak Berwarna Ungu  

Aku Kehilangan 

About dkaekas

Hamba nan faqir yang mengharap sebaik-baik takdir; keridhoan Robbul'alamin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: